Sabtu, 16 April 2011

personality tree, apa karakter dirimu?

Karakter-karakter manusia dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok besar sesuai dengan bagian-bagian dari tumbuhan.
1. Akar, merupakan bagian yang tertanam di dalam tanah, memiliki fungsi sebagai penyokong seluruh bagian tumbuhan dan bagian untuk mencari bahan makanan.
kelebihan orang karakter akar adalah: prosedural, objektif, suka terhadap data, sempurna, teliti, suka grafik, dan pekerja tekun.
namun, kekurangan orang akar adalah mudah frutasi, pesimis, njilemet, lamban menuntaskan, sulit memulai bicara.
2. Buah, merupakan bagian tanaman yang disukai banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan enak. Begitu pula dengan orang karakter buah, juga mudah disukai banyak orang karena memiliki kelebihan: antusias, berani, optimis, pandai bicara, pandai bergaul, lincah, energik. Sedangkan sisi negatifnya adalah egois, suka janji, pelupa, tidak konsisten, ceroboh, tidak teratur.
3. Cabang, merupakan bagian tumbuhan yang kuat dan mampu menyokong tegaknya tumbuhan. Karakter cabang sisi positifnya adalah visioner, percaya diri, melindungi, pemberi solusi, cepat, praktis, dan good leader. Sedangkan sisi negatifnya adalah ambisius, sombong, otoriter, tidak sabaran, dan tidak suka dipimpin.
4. Daun, bagian tumbuhan yang memberikan kesejukan dan kerindangan. Orang daun sisi baiknya adalah damai, menyejukkan, penurut, tidak suka konflik, sabar, dan mudah adaptasi. Sedangkan sisi buruknya adalah tidak antusias,angin-anginan, takut memutuskan, malas, dan tidak bisa menolak.

Karakter apakah yang dominan dalam diri kita? Seringkali karakter kita sudah bercampur dan tidak dominan di satu bagian. Itu adalah wajar dengan bertambahnya umur, hubungan sosial, dan tambahnya pengalaman sehingga adanya percampuran karakter.
Dengan mengetahui karakter dalam diri kita, semoga kita bisa menghilangkan hal-hal negatif yang ada dalam diri sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas diri kita. amiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar